Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Besengek makanan favorit khas Manyaran

Besengek makanan kuliner klasik masyarakat kecamatan Manyaran, Wonogiri. Makanan ini sangat favorit bagi masyarakat setempat kala pagi hari sebagai pengganti sarapan.

Besengek terbuat dari tempe benguk atau ada yang menyebutnya tempe lekathak yang di masak dengan bumbu sedemikian rupa hingga menjadi makanan yang terasa unik di lidah.

Besengek makanan favorit khas Manyaran

Wujud dari besengek adalah tempe yang dibubuhi bumbu yang didominasi oleh kunir, sehingga secara umum warna besengek adalah kekuningan, dan banyak terdapat parutan kelapa yang juga berwarna kuning.

Biasanya, pedagang besengek mulai memasaknya sekitar jam 02.00 dini hari, dan sekitar pukul 05.00 pagi makanan telah siap dijual ke pasar tradisional di seputar Manyaran. Untuk membawanya ke pasar, pedagang biasanya menggunakan kuali yang dimasukkan ke dalam tenggok (bakul).

Bagi masyarakat Manyaran dan sekitarnya, makanan khas ini merupakan makanan yang tidak asing lagi. Penasaran ingin merasakannya? Silahkan mampir ke pasar Manyaran di pagi hari, di sana biasa anda lihat pedagang besengek yang masih hangat berjajar melayani pelanggannya.

Post a Comment for "Besengek makanan favorit khas Manyaran"